Laman

Aksesories dan Cindera Mata

Kategori: Produk
Jenis kategori cukup banyak ragamnya seperti hiasan rambut, gelang, kalung, pin, anting-anting, gantungan kunci, dan aneka jenis aksesories lainnya. Harga rata-rata aksesoris tersebut berkisar Rp 1.000,00 hingga Rp 5.000,00. Selain aneka aksesoris, bisnis ini bisa digabungkan dengan menyediakan cideramata yang menunjukkan ciri khas kampus. Cinderamata ini bisa berupa stiker, pin, gantungan kunci, kantong hp, gelas, kaos, topi, tas, atau pensil yang telah diberi hiasan yang telah diberi logo/tulisan/gambar yang berhubungan dengan kampus. Harga aneka cindramata ini sebaiknya di bawah Rp 5.000,00 kecuali untuk topi, kaos dan tas yang harganya berkisar Rp 10.000,00 hingga Rp 35.000,00.
Aksesoris dan cindera mata khas kampus ini mempunyai masa penjualan yang berbeda. Bisnis aksesoris biasanya akan ramai, pada saat perkuliahan dimulai, wisuda, atau menjelang liburan. Hal ini disebabkan saat awal perkuliahan, mahasiswa membutuhkan aksesoris berlogo sebagai identitas kebanggaan. Adapun saat wisuda dan liburan, mahasiswa biasanya akan membawa aksesoris berlogo sebagai kenang-kenangan buat diri sendiri maupun keluarga di rumah.
Bila perkuliahan sudah di mulai, mahasiswa lebih cenderung memperhatikan penampilan, bukan kebanggaan. Oleh sebab itu, bisnis cinderamata khas kampus akan ramai saat awal perkuliahan (ketika mahasiswa baru masuk), saat wisuda, dan saat menjelang liburan.
Nah, kalau kita tertarik dengan bisnis ini, biaya yang diperlukan untuk bisnis aksesoris tersebut tidak terlalu luas. Yang penting, tempat harus berada di lokasi yang strategis sehingga mudah di datangi oleh calon pembeli. Selain itu, usahakan memajang barang-barang aksesoris serapi mungkin. Perlu diingat, konsumen tertarik untuk membeli karena keindahan dari barang-barang tersebut.