Laman

Potensi bisnis internet di Indonesia bag 1


Perkembangan teknologi yang semakin cepat, maka cara-cara orang untuk mencari uang juga berkembang dengan cepat, salah satunya melalui internet, dimana memungkinkan orang untuk bisa berbisnis menggunakan teknologi ini.
Dibandingkan dengan cara konvensional lainnya ternyata internet menawarkan keuntungan yang luar biasa jika dibandingkan dengan model bisnis secara offline, seorang mahasiswa yang memiliki sebuah website bisa mempunyai kekayaan sampai 13 juta $ hanya dalam waktu 3 tahun saja, lihat saja situs www.facebook.com, yang dimiliki oleh seorang mahasiswa, belum lagi raksasa engine terbesar di dunia google yang kekayaannya bisa melebihi kekayaan sebuah negara.

Denggan bukti-bukti yang sudah jelas ini, maka saatnya Anda mengetahui apa saja keuntungan-keuntungan yang akan di dapat jika Anda melakukan bisnis melalui internet.
Keuntungan-keuntungan bisnis di internet sebagai berikut :
1.       Target pasar yang besar
Berbisnis di dunia maya yang sangat menguntungkan untuk semua orang karena Anda mempunyai pasar yang tidak mengenal batas Negara dan Budaya, target pasar Anda adalah dunia, yang tidak dibatasi oleh waktu dan jarak, yang penting mereka terkoneksi dengan internet itu pasar Anda. Juga semakin hari jumlah mereka yang terkoneksi ke internet semakin besar, diperkirakan 5 tahun ke depan hampir semua orang akan terkoneksi ke internet. Di Indonesia saja data tahun 2008 ada 20 juta orang yang terkoneksi ke internet dengan pertumbuhan lebih dari 600% per-tahunnya, sungguh pasar yang besar bukan. Apalagi koneksi internet di Indonesia semakin murah dimasa mendatang.
2.       Fleksibel yang tinggi
Berbisnis di internet ibarat Anda mempunyai tuyul, walaupun Anda sedang tidur uang tetap mengalir ke kantong Anda, juga Anda bisa bekerja kapan saja yang Anda mau, karena pasar Anda tidak pernah tutup, ibarat sebuah toko yang buka 24 jam penuh dan pengunjung Anda 24 jam penuh. Dari segi waktu model bisnis ini sangat fleksibel dengan waktu, kapan Anda mau bekerja, kapan mau istirahat oke saja.
3.       Tidak perlu modal besar
Ini yang paling penting dari sebuah bisnis, kebanyakan orang selalu mengeluh tidak ada modal jika ingin berbisnis. Internet menawarkan bisnis yang tidak memerlukan modal. Bahkan jika Anda tidak mempunyai product untuk dijual, internet pun menyediakan produk itu untuk Anda. Jika Anda tidak mempunyai uang untuk membuka toko untuk Anda, maka internet menyediakannya untuk Anda “gratis”. Dalam penjelasan ini diperkenalkan sebuah bisnis internet dari modal yang nol sama sekali, jika kita membandingkan dengan konvensional lainnya, bisnis di internet tidak memerlukan modal yang besar, sangat beda dengan model bisnis secara offline, di satu sisi potensi pendapatannya juga tidak kalah dengan model bisnis secara offline umumnya.
bersambung .....