Laman

Potensi bisnis internet di Indonesia bag 2

Dengan keuntungan yang demikian dahsyatnya maka selanjutnya kita perlu momengetahui model-model apa saja yang ditawarkan oleh bisnis melalui internet yang bisa mengalirkan uang.
Dari beberapa literatur dan tawaran bisnis di internet kita bisa menemukan banyak sekali model yang ditawarkan dari mulai model arisan sampai bermain forex secara online tersedia, tentunya banyak juga bisnis yang menipu, sama dalam dunia offline.
Walau banyak sekali model yang bisa kita kembangkan untuk mencari uang di internet tetapi di sini secara umum ada 4 model bisnis yang coba saya perkenalkan, 4 model tersebut adalah:
1.       Bisnis affiliate
Dalam model ini kita menjual produk orang lain, bisnis ini cocok jika Anda ingin sekali lewat internet. Di sinilah memulai bisnis dengan modal nol sama sekali alias modal dengkul saja. Dan penjualan yang dihasilkan kita bisa mendapatkan komisi yang besarnya berkisar antara 4%-60% dari harga produk tersebut, tentunya jika produk tersebut ada yang membelinya. Untuk mengikuti program ini gratis alias tidak perlu modal sama sekali. Banyak barang yang ditawarkan dalam program ini dari mulai e-books sampai perhiasan. Beberapa situs yang terkenal dengan program affiliatenya seperti amazon dan clikbank untuk yang international, juga banyak situs-situs Indonesia yang menawarkan program affiliate yang bisa Anda ikuti. Coba pilih situs yang sudah punya reputasi dan pengunjung yang ramai, karena di sanalah uang berada.
2.       Bisnis reseler
Model bisnis ini prinsipnya sama dengan bisnis affiliate, hanya saja pada model bisnis reseler mengharuskan agar kita bisa menjual sebuah atau lebih produk dari situs tersebut, untuk itu karena kita harus bergabung terlebih dahulu dengan perusahaan/situs tersebut, biasanya dengan membeli produk mereka. Dari banyak situs yang menawarkan program ini biasanya mereka memberikan komisi 20% sampai 50%, menarik bukan. Salah satu situs lokal yang menawarkan bisnis melalui program ini adalah www.online-bisnis.com dari produk yang ditawarkan dan komisi yang kita dapat (50%), bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk Anda mengikutinya.
3.       Menjual produk sendiri
Kalau model yang satu ini kita menjual produk orang lain, jika Anda mempunyai keahlian atau mempunyai produk yang unik, Anda bisa menawarkannya melalui internet, misalkan saja Anda mempunyai sebuah informasi tentang bagaimana menghemat pemakaian listrik sampai 60%, nah informasi ini bisa Anda jual melalui internet, bisa dalam bentuk buku elektronis (e-books) atau dalam bentuk alat. Untuk model bisnis ini yang Anda perlu perhatikan dalam hal pengiriman barang, sistem pembayaran dan sistem garansi jika barang tersebut rusak atau hilang di tengah jalan. Jika Anda pemula dalam bisnis ini saran saya gunakan saja produk yang berbentuk e-books karena selain mudah membuatnya juga mudah dalam pengirimannya.
4.       Publisher
Model bisnis ini sangat menarik, karena Anda tidak menjual sebuah produk atau jasa sama sekali, Anda hanya membuat sebuah situs/blog yang berisi informasi yang unik dan orang butuhkan, lalu Anda bisa mendaftar blog/situs Anda ke beberapa perusahaan advertising online, salah satunya google, selain google masih banyak yang lainnya seperti : auction ads, bidvertiser dll. Mereka (perusahaan iklan online yang sudah teruji kridibilitasnya) Anda dapat menaruh link iklannya ke situs/blog Anda, kalau ada orang yang berkunjunng ke-situs Anda dan mengklik link iklannya tadi maka Anda akan mendapatkan uang dari proses tadi. Model bisnis ini boleh dibilang samal sekali tidak memerlukan modal karena Anda bisa memulai dengan blog yang gratis, bisa juga sich kalau Anda mau memulai dengans ebuah website yang berbayar. Di sini kita fokus pada model bisnis publisher, karena model bisnis ini benar-benar hanya modal dengkul saja alias gratis, yang perlu Anda persiapkan hanya sebuah blog gratis.