Laman

Rental komputer

Kategori : jasa
Usaha rental komputer merupakan jenis usaha yang cukup menjanjikan di sekitar kampus. Bisa dikatakan, hampir setiap hari tempat-tempat rental komputer di kawasan kampus selalu penuh, terutama menjelang akhir semester. Pasalnya, banyak mahasiswa yang harus menyelesaikan tugas-tugas akhir semester.
Usaha rental (penyewaan) komputer ini biasanya menggunakan hitungan jam. Harga sewa berkisar Rp 800,00 hingga Rp 1.000,00 per jam. Selain itu, biasanya rental juga menyediakan jasa cetak atau print yang harganya berkisar Rp 150,00 hingga Rp 300,00, tergantung pada spasi, besar huruf, dan ukuran kertas. Selain itu, penyedia jasa rental komputer juga menyediakan jasa pengetikan. Jasa pengetikan berkisar Rp 3.000,00 hingga Rp 5.000,00 per lembar.
Ada beberapa pilihan dalam menjalankan bisnis rental komputer ini. Sebagai contoh, penulis semasa kuliah pernah menggeluti bisnis rental dengan sistem penitipan komputer. Saat itu penulis menitipkan komputer, yaitu CPU plus monitor pada salah satu rental. Dari perjanjian dalam kerja sama yaitu penulis mendapatkan sebesar Rp 120.000,00 per bulan. Ika ada kerusakan, pihak penyewa akan menanggung biaya perbaikannya.
Lainlagi yang dijalankan oleh sebut saja A dan B, kedua orang tersebut membuka rental komputer di tempat kostnta yang terletak di tepi jalan raya. Dengan kesepakatan pemilik kost, kamar yang ditempati oleh A dijadikan ruang rental sehingga A tinggal sekamar dengan B. Modal yang diperlukan yaitu sewa kamar sebesar Rp 200.000,00/bulan, ditambah dengan 2 komputer dan 1 printer laser jet dengan total harga sekitar 6 juta rupiah. Dari modal itulah mereka membuka rental. Dalam menjalankan usahanya itu, mereka saling bergantian menjaga rental. Oleh karena mereka berbeda jurusan sehingga waktu kuliah tidak berbarengan. Kalaupun keduanya berhalangan, mereka biasanya meminta bantuan ke teman lainnya untuk menjaga dengan honor Rp 10.000,00/8 jam ditambah konsumsi makan. Hasil yang mereka peroleh ternyata tidak hanya mampu menutup sewa kost, tetapi juga mendapatkan tambahan untuk biaya kuliah. Dari wawancara tersebut mereka mampu meraup omset rata-rata Rp 250.000,00 – Rp 300.000,00 per harinya.